Upaya Memberikan Pelayanan Terbaik, Dukcapil Tidore Intens Gelar Sosialisasi PIAK dan Penerapan Aplikasi DAGA

SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan, Selasa (27/8/2024).

Upaya memberikan pelayanan terbaik atau Excellent Service, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan Gelar Sosialisasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan Penerapan Aplikasi DAGA atau Dokumen Adminduk dalam Genggaman Anda, yang berlangsung di Aula SMA Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan, Selasa (27/8/2024).

Sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo, dihadiri oleh Para Camat, Lurah dan Kepala Desa se Pulau Tidore, adapun peserta dalam sosialisasi ini merupakan para admin dari masing-masing Desa/Kelurahan se Pulau Tidore.

Dalam sambutannya, Ismail Dukomalamo mengatakan, pemerintah harus lebih sensitif dan tanggap dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Begitu pula dengan penyelengara dokumen administrasi public, yang harus memodernisasikan dirinya, menemukan strategi serta pendekatan terhadap masyarakat dengan lebih jitu agar tidak semakin tertinggal dengan kemajuan zaman.

“Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan inovasi melalui Website dan Aplikasi DAGA, yang merupakan salah satu bagian dari inovasi layanan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang merupakan transformasi layanan publik,” Tuturnya.

Ismail menambahkan, meskipun semua dokumen kependudukan dapat di cetak sendiri oleh masyarakat, namun dalam pelaksanaannya masih banyak yang belum memanfaatkan layanan online ini.

“Untuk itu dilakukan kegiatan Sosialisasi PIAK dan penerapan Aplikasi DAGA bagi setiap Desa/Kelurahan pada hari ini, sehingga Desa/Kelurahan dapat memfasilitasi untuk mencetak dokumen kependudukan masyarakat di Desa/Kelurahannya masing-masing, juga upaya mewujudkan pelayanan terbaik (excellent service) di Kota Tidore Kepulauan,” Imbuhnya.

Ismail juga berharap, Penerapan Website dan Aplikasi DAGA diharapkan dapat mendekatkan layanan ke masyarakat, sehingga masyarakat tidak harus datang ke kantor Disdukcapil.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Tidore Kepulauan, Sunaryah Saripan dalam laporannya menyampaikan, dengan dilakukannya sosialisasi pengelolaan informasi administrasi kependudukan (PIAK) dan Penerapan Aplikasi DAGA, diharapkan tidak ada lagi keraguan Desa/Kelurahan untuk melakukan pelayanan online demi terwujudnya pelayanan terbaik terhadap masyarakat di tempat masing-masing.

“Sebagai gambaran, Desa/Kelurahan yang sudah melakukan pelayanan online dengan aplikasi DAGA sebanyak 46 Desa/Kelurahan , dimana pengguna terbanyak berada di 4 Kecamatan di Daratan Oba, sedangkan untuk Pulau Tidore baru Desa Maitara, Kelurahan Ome dan Kelurahan Folarora,” Ungkapnya.

Di akhir acara pembukaan sosialisasi tersebut, Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo menyerahkan piagam penghargaan kepemilikan dokumen kependudukan tertinggi yang berada di 4 Kecamatan se Pulau Tidore, diantaranya; Kelurahan Kalaodi dengan Perekaman KTP-el mencakup 97%, Kelurahan Gurabunga dengan Kartu Keluarga mencakup 100%, Kelurahan Gurabati dengan Akte Kelahiran mencakup 98%, Kelurahan Fobaharu dengan Kartu Identitas Anak mencakup 68% dan Kelurahan Ome sebagai Role Mode Desa/Kelurahan pengguna Aplikasi DAGA terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *