Kegiatan Pekan Muharram di Kelurahan Tongowai

Sabtu (20/7/2024) Malam

Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain, mewakili Wali Kota Tidore Kepulauan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Pekan Muharram di Kelurahan Tongowai, Sabtu (20/7/2024) Malam. 

Mengawali sambutannya, Taher Husain mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Pemuda Pelajar Tongowai bersama Aparatur Pemerintahan dan Masyarakat Kelurahan Tongowai yang telah bekerjasama menyelenggarakan kegiatan pekan Muharram 1446 H/2024 M. 

“Melalui kegiatan ini, menunjukkan bahwa Masyarakat dan Pemuda di Kelurahan Tongowai selalu menjadikan agama sebagai tiang kehidupan, dimana dapat kita maknai bahwa pada bulan Muharram ini, kita harus mengisinya dengan hal-hal yang baik untuk memulai bulan-bulan berikutnya,” Tuturnya. 

Lebih lanjut, Taher berharap semoga suasana kondusif, damai, serta religius tetap terjaga selama berlangsungnya penyelenggaraan Pekan Muharram di Kelurahan Tongowai, serta jalinan silaturahmi terus ditingkatkan, baik untuk Masyarakat Tongowai secara khusus, maupun Masyarakat Kota Tidore Kepulauan pada umumnya.

“Kami juga mengharapkan kegiatan ini berjalan dengan baik, setiap peserta mengikuti alur kegiatan sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang panitia berikan. Selamat mengikuti kegiatan Pekan Muharram ini, tetap jaga ketertiban dan kekompakkan, kebersamaan adalah harga mati untuk mendukung Tidore Jang Foloi,” Imbuhnya.

Sementara, Ketua Panitia Hamid Salam dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Pekan Muharram di Kelurahan Tongowai ini, mengangkat tema, “Membangun Kesadaran Spiritual, Mewujudkan Generasi yang Berakhlak dan Berbudaya,” dengan tujuan meningkatkan minat dan bakat generasi muda dalam mencintai Al Quran.

“Selain itu, kegiatan ini juga dapat memotivasi masyarakat untuk berlomba-lomba dalam menyiarkan syiar islam melalui kegiatan Pekan Muharram, meningkatkan dan menjalin silaturahmi serta ukhuwah islamiyah yang telah ada, dan menumbuhkan serta mewujudkan kepedulian sesama warga masyarakat,” Ungkapnya.

Hamid menambahkan, Pekan Muharram ini akan diisi dengan lomba untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Al Quran, lomba tersebut diantaranya; Tilawah Alquran, Tartil Alquran, Sarhil Al Quran, Hifdzil Quran, Sholawat Nabi, Lomba Adzan, Asmaul Husna, Tarian Samra dan Kasidah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *