Wali Kota Tidore Kepulauan Dukung Penuh Pekan Budaya Kota Rempah

Ruang Kerja Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Jum’at (19/7/2024).

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Pekan Budaya Kota Rempah yang akan dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXI di Kota Tidore Kepulauan. Acara ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 6 hingga 10 Agustus 2024, bertempat di Kawasan Wisata Tugulufa dan Benteng Tore.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim menerima kunjungan kerja Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Provinsi Maluku Utara di Ruang Kerja Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Jum’at (19/7/2024).

Dalam pernyataannya, Wali Kota Tidore dua periode ini juga menekankan pentingnya perhatian terhadap bangunan bersejarah seperti Benteng, Rumah Jabatan Gubernur Irian Barat pertama, dan Rumah Dinas Perwira Polisi yang berada di tengah kota. Mengingat statusnya sebagai cagar budaya, segala bentuk renovasi harus dilakukan dengan sepengetahuan dan izin dari Balai Pelestarian Kebudayaan.

“Pemerintah Kota Tidore Kepulauan memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Pekan Budaya Kota Rempah, yang akan dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXI di Kota Tidore Kepulauan. Melalui kegiatan ini juga, perlu menjadi perhatian kita bersama, untuk menjaga dan memelihara bangunan-bangunan yang menjadi cagar budaya di Kota Tidore Kepulauan,” Ungkap Ali Ibrahim.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXI, Kuswanto, dalam kunker tersebut menjelaskan, tujuan dari Pekan Budaya Kota Rempah adalah untuk melakukan promosi dan sosialisasi berbagai jenis kebudayaan di Maluku Utara.

“Acara ini akan menampilkan pameran kebudayaan, pagelaran seni dan budaya, serta berbagai perlombaan terkait seni budaya yang melibatkan siswa siswi SMA sederajat dalam ritus kabata,” Tutur Kuswanto.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Daud Muhammad, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, persiapan acara sudah dimulai dengan cek lokasi yang rencanakan pada tanggal 1 Agustus 2024. Selain itu, satu badan jalan di Tugulufa akan digunakan dan acara ini akan dilanjutkan dengan Juanga Fest di Mareku.

“Acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan wisata kota Tidore dengan melibatkan UMKM lokal, serta akan ada lomba melukis dan penampilan artis-artis lokal untuk memeriahkan acara,” Papar Daud.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah Kota dan berbagai pihak terkait, Daud berharap, Pekan Budaya Kota Rempah, dapat menjadi ajang yang sukses dalam mempromosikan dan melestarikan kebudayaan serta pariwisata di Tidore Kepulauan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *