Aksi Perubahan Twenty One ASN Tingkatkan Indeks Profesional ASN di Kota Tidore

Melalui terobosan baru Twenty One ASN atau Pemenuhan 20 JP bagi ASN yang digagas oleh Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Aparatur Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tidore, Farid Abdurrahman, sebagai salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2024, diharapkan mampu meningkatkan Indeks Profesional ASN di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Sosialisasi Pemenuhan 20 JP bagi ASN tersebut dikemas dalam Bimtek Twenty One ASN kepada para perwakilan ASN di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang digelar di Aula Handayani, Kantor Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Selasa (2/7/2024).

“Ide aksi perubahan tersebut lahir bukan tanpa sebab melainkan saya menindaklanjuti Proyek Perubahan Kepala BKPSDM Kota Tidore Kepulauan pada Tahun 2023, yang menitikberatkan pada peningkatan Indeks Profesionalitas ASN. Selain melakukan kegiatan pengembangan Kompetensi ASN khususnya bagi para kasubag kepegawaian pada masing2 OPD,” Ungkap Farid.  

Farid mengatakan, semangatnya untuk pengembangan kompetensi ASN di lingkungan pemerintah kota Tidore kedepan lebih mengarah pada tuntutan dan penyesuaian pekerjaan, yaitu dengan melakukan bimtek penyusunan Human Capital Development Plan dan ASN Corporate University di lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, sehingga Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akan memiliki dokumen human capital development plan dan juga memiliki proses pembelajaran yang terintegrasi.

“Sebab, bukan hanya output yang dihasilkan namun outcome yang kemudian bisa bermanfaat dan berkelanjutan, dengan kewenangan dimiliki Reformer dalam pengelolaan SDM Aparatur, juga akan melakukan kerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara RI, dan Pemda Kota Tangerang,” Imbuh Farid.

Farid menambahkan, dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan seluruh ASN di lingkungan pemerintah Kota Tidore Kepulauan dapat mengakses platform pembelajaran yang disediakan oleh LAN-RI dan Pemerintah Daerah Kota Tangerang secara gratis atau Proses pembelajaran nol rupiah, walaupun tantangan dan tahapan untuk merealisasi kedua kegiatan tersebut tidaklah mudah, namun upaya untuk merealisasinya akan terus dipelihara dengan mempersiapkan hal-hal berkaitan dengan prosesnya.

Atas aksi perubahan tersebut, Kepala BKPSDM Rusdy Thamrin memberikan dukungan penuh kepada Reformer yang juga selaku Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Aparatur BPKSDM Kota Tidore Kepulauan, dengan harapan Profesionalitas ASN Kota Tidore Kepulauan khususnya pada indikator Kualifikasi dan Kompetensi dapat terpenuhi dengan baik.

“Saya mendukung aksi perubahan ini, sebab ini adalah tuntutan yang harus dilaksanakan oleh setiap pemerintah daerah, sehingga semangat Reformer akan terus kita backup dan akan kita sampaikan ke pimpinan untuk dapat dimasukkan dalam program dan kegiatan di tahun mendatang, harapannya peningkatan Indeks Profesionalitas ASN Kota Tidore Kepulauan khususnya pada indikator Kualifikasi dan Kompetensi dapat terpenuhi dengan baik,” Ungkap Rusdy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *