Forum Smart City Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI

Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim didampingi Kepala Bapperida, Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tidore Kepulauan menghadiri Forum Smart City Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI bekerjasama dengan Kota Denpasar Bali, di The Meru Sanur Hotel Bali, Denpasar Selatan, Senin (24/6/2024).

Kegiatan bertema “Transformasi & Inovasi Menuju Indonesia Emas melalui Kota & Kabupaten Cerdas 2024” ini dihadiri oleh seluruh Kabupaten, Kota dan Provinsi serta para Organisasi Perangkat Daerah yang membidangi urusan perencanaan pembangunan daerah di setiap Provinsi, Kabupaten maupun Kota. Kegiatan ini juga diselenggarakan bersamaan dengan pameran infrastruktur Smart City.

Capt H. Ali Ibrahim yang ditemui usai mengikuti pembukaan acara tersebut menyampaikan, Forum Smart City merupakan suatu konsep perencanaan, penataan dan pengelolaan kota yang saling berkaitan dalam semua aspek kehidupan untuk mendukung masyarakat yang cerdas, berpendidikan, memiliki moral serta peningkatan kualitas hidup warga.

“Dengan adanya Forum Smart City ini dapat menjadi wadah atau ruang gerak yang membahas tentang penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang pada prinsipnya Kota Tidore Kepulauan telah menerapkan itu, saya berharap dengan adanya kegiatan ini pemerintah Kota Tidore Kepulauan dapat lebih meningkatkan pemikiran yang inovatif untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah yang selaras dengan pemerintah pusat,” Ungkap Ali Ibrahim.

Plt. Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) Kemenkominfo Aris Kurniawan dalam laporannya menyampaikan, terima kasih selaku Ketua Panitia, dan mengapresiasi kehadiran Bapak Ibu Kepala Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah yang telah hadir pada Forum Kota Cerdas atau Smart City Tahun 2024 yang diselenggaran di Kota Denpasar Bali.

“Terima kasih, selaku Ketua Panitia kami mengapresisasi kehadiran Bapak Ibu semuanya, semoga acara yang kami sebut sebagai wujud nyata kerjasama Kementerian Kominfo dengan Kota Denpasar serta para Pelaku Bisnis yang telah mendukung pembangunan Smart City dan Smart Province di Indonesia ini, dapat menjadi wadah koordinasi dan sinergi,” Ucap Aris.

Aris menambahkan, melalui kegiatan ini, Kementerian Kominfo meyakini, banyak teknologi-teknologi baru yang mampu diadopsi oleh Kabupaten Kota maupun Provinsi, agar tantangan-tantangan unik seperti kearifan lokal di masing-masing Kabupaten Kota atau Provinsi bisa dijadikan sebagai kekuatan baru untuk menyelesaikan persoalan lokal, seperti layanan publik dan juga layanan peningkatan ekonomi warga secara berkelanjutan.

“Forum Kota Cerdas tahun ini akan digelar selama 4 hari terhitung mulai Senin 24 Juni s/d 27 Juni 2024, yang berlangsung di The Menur Sanur Hotel Denpasar Bali, dihadiri oleh 514 Kabupaten Kota, 38 Provinsi kemudian beberapa perwakilan dari Perangkat Daerah yang membidangi urusan terkait dengan perencanaan Pembangunan Daerah, jadi total keseluruhan peserta yang hadir pada Forum Smart City Tahun 2024 sebanyak 1.600 peserta,” Imbuh Aris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *