Tim Teknis Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) mingguan

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, dalam hal ini Tim Teknis Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) mingguan dengan Kementerian Dalam Negeri secara virtual.

Rakor tersebut diikuti oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam bersama Tim TPID Kota Tidore Kepulauan melalui Zoom Meeting, di ruang Rapat Sekda, Selasa (4/6/2024).

Rakor tersebut dipimpin oleh Plt Sekjen Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir, dan diikuti oleh seluruh kepala Daerah se Indonesia, yang membahas perkembangan harga komoditas pemicu Inflasi dimasing-masing Daerah.

Tomsi Tohir mengatakan, angka inflasi Indonesia secara Year-on-Year (YoY) pada Mei 2024 terhadap Mei 2023 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 2,84 persen, angka ini lebih rendah dibandingkan inflasi secara YoY pada bulan sebelumnya yang sebesar 3 persen. Penurunan ini tak lepas dari kerja keras berbagai stakeholder terkait, baik di tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (Pemda).

“Tentunya ini merupakan suatu anugerah dan hasil jerih payah kita bersama. Namun demikian, masih terdapat beberapa jenis komoditas yang sebenarnya masih bisa kita atasi lebih baik lagi seperti cabai dan bawang,” katanya.

Meski inflasi periode ini menurun, Tomsi menekankan pemerintah pusat dengan bantuan Pemerintah Daerah untuk terus memantau distribusi atau penyebaran komoditas impor agar tepat sasaran.

“Selain itu, saya juga meminta agar para Pemerintah Daerah dapat bekerjasama untuk mengatasi kenaikan inflasi di daerah masing-masing, kita harus tetap merencanakan dan mengantisipasi perubahan situasi yang harus dengan segera kita mengambil langkah-langkahnya,” ujarnya.

Tomsi juga mengingatkan bagi provinsi, kabupaten/kota, dengan inflasi tertinggi agar segera melakukan evaluasi berupa rapat koordinasi, sehingga inflasi di daerahnya terkendali. Diharapkan kepala daerah turun langsung mengecek harga kebutuhan pokok, mengingat akan menghadapi hari raya Iduladha. 

Usai mengikuti Rakor bersama Kemendagri, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Tidore dalam hal ini Tim TPID terus memantau harga komoditas yang ada di Kota Tidore menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Tim TPID Kota Tidore akan terus memastikan harga maupun stok komoditas yang ada di pasar Kota Tidore bisa terkendali dengan baik, menjelang hari raya Idul Adha nanti.” Kata Abdul Hakim Adjam

Abdul Hakim juga menginstruksikan kepada dinas terkait agar setiap bulan atau minggu dapat memantau hasil cabe rawit yang telah dibagikan kepada para petani yang ada di Kota Tidore.

Turut Hadir mengikuti Rakor Inflasi secara Virtual Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Tidore Kepulauan Nurlaily Yasin, Dinas Pertanian Kota Tidore beserta Pimpinan OPD terkait yang tergabung dalam Tim Teknis Pengendalian Inflasi Daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *