Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Tidore Kepulauan ke 21

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Tidore Kepulauan ke 21 Tahun 2024 berlangsung dengan lancar dan khidmat. Bertindak selaku inspektur, upacara dipimpin oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim di Halaman Kantor Walikota Tidore, Jumat (31/5/2024).

Rangkaian upacara ini diawali dengan Penyerahan lambang Daerah Pemerintah Kota Tidore Kepulauan oleh Walikota Tidore kepada perwakilan pasukan pembawa pataka dari purna paskibraka Kota Tidore.

Walikota Tidore Kepualuan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Kota Tidore Kepulauan telah berusia 21 tahun sejak kelahirannya melalui Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2003, Kota Tidore telah melangkah maju dan berkembang sesuai dengan karakteristik kewilayahannya, dengan tetap mempertahankan khasanah kebudayaan serta adat se atorang.

“Kita sekalian patut bersyukur kepada Allah SWT, yang telah menganugerahkan Kota Tidore Kepulauan yang begitu aman, damai dengan masyarakatnya yang senantiasa menjunjung tinggi tradisi dan kearifan lokal, serta didukung aspek kesejarahan yang luar biasa. Inilah kesitimewaan kita yang sebenarnya” ucap Ali Ibrahim.

Walikota dua periode ini juga menambahkan, peringatan Hari Ulang Tahun sesungguhnya bukanlah suatu yang sifatnya seremonial semata, melainkan harus ditempatkan sebagai energi positif yang mampu mendorong meningkatnya performa    dan    kinerja   terbaik    dalam penyelenggaraan Pemerintahan dan pelayanan publik. “Keberhasilan yang raih hari kemarin dan hari ini harus dijadikan motivasi untuk terus berjuang dan tetap menjadi yang terbaik”imbuhnya.

Ali Ibrahim menambahkan, dalam rangka perwujudan visi, misi dan strategi, melalui program-program pembangunan yang dilakukan disegala bidang, Kota Tidore Kepulauan telah mengalami perubahan kearah kemajuan dari waktu ke waktu seiring dengan tuntutan masyarakat. Diusianya yang relatif muda, Kota Tidore Kepulauan telah menunjukan kesuksesan dalam upaya pembangunan.

Berbagai predikat penghargaan, baik ditingkat Provinsi Maluku Utara, bahkan predikat penghargaan nasional telah diraih kota ini. Diantaranya yakni sebagai berikut: Pertama, pada hari Rabu tanggal 29 bulan Mei kemarin, kita memperoleh kado istimewa berupa keberhasilan meraih Predikat WTP yang ke 10 kalinya atas Laporan Pengelolaan Keuangan dari BPK RI Perwakilan Maluku Utara. Kedua, Capaian pada Penerapan SPM Tertinggi di Regional Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua Tahun 2023 oleh Kemendagri.

Ketiga, Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023 Kategori Baik oleh Kemenpan RB.

Keempat, Kota Tidore Kepulauan berhasil meraih Peringkat Pertama Komitmen Pengawasan dan Pengendalian dari BKN Regional Sebelas (XI) Manado.Kelima, Kota Tidore Kepulauan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah meraih peringkat pertama kategori Garda Siap Siaga Aksi Tingkat Kabupaten/Kota oleh Kementerian Dalam Negeri.

Keenam, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Melalui Dinas Perhubungan Meraih Penghargaan Awards  Sebagai Daerah Pengelola Kegiatan Dana Alokasi Khusus Terbaik Tahun 2022 Pada Sub Sektor Perhubungan Laut. Ketujuh, Kota Tidore Kepulauan menjadi Satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara yang meraih Penghargaan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Kementerian Dalam Negeri dan BPJS Republik Indonesia Tahun 2023, serta ratusan penghargaan lainnya yang tidak sempat disebutkan satu persatu di kesempatan ini.

Diakhir sambutannya “selaku Walikota, saya bersama   Bapak   Wakil Walikota, dengan kerendahan hati, kami sampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Instansi dan Lembaga Vertikal, TNI/POLRI, Kesultanan Tidore, serta seluruh komponen masyarakat yang telah mendukung dan memberikan suporrt atas program-program pembangunan yang telah kami lakukan selama periode kepemimpinan saya, Capt. H. Ali Ibrahim bersama Wakil Walikota Muhammad Sinen” kata Ali Ibrahim.

Petugas Upacara HUT Pemerintah Kota Tidore Kepulauan ke 21 antara lain, Pembaca sejarah saingkat Plh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepualau Yakub Husain, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Abdurahman Arsad, Perwira Upacara Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Abdul Wahid Saraha, Komanda Upacara Kepala Bidang Kebudayaan Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan Irvan Togubu,Pasukan Pembawa Pataka Lambang Daerah dari Purna Paskibraka Kota Tidore Kepulauan,Pasukan Pengawal Pataka dari Sanggar Raugabi Kelurahan Gurabunga, Korsik Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Tidore Kepulauan dan Paduan Suara dari SMAN 3 Tidore Kepulauan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *