Penutupan Festival Idadari Ma Munara II Tahun 2023

Mewakili Wakil Walikota, Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Yakub Husain memberikan sambutan sekaligus menutup secara resmi Festival Idadari Ma Munara II Tahun 2023 yang berlangsung Lapangan Gurua, Kelurahan Gurabunga, Sabtu (22/10/2023) Malam.

Dalam sambutannya, Yakub Husain mengatakan, usulan dari Panitia Pelaksana terkait kegiatan tahunan Idadari Ma Munara masuk dalam kalender event Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akan segera disampaikan atau dilaporkan ke pimpinan, agar kegiatan Idadari Ma Munara tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

“Idadari merupakan sebuah folklor, dimana idadari adalah simbol kehidupan awal manusia di Jazirahtul Mulk, cerita asal-usul manusia yang mendiami Tidore 2000 tahun sebelum kesultanan Tidore berdiri, ini menjadi folklor sebagai temuan yang paling penting, yang harus dinarasikan untuk memperkuat festival idadari ma munara,” Tutur Yakub.

Lebih lanjut, Yakub mengapresiasi pemuda Kelurahan Gurabunga yang terhimpun dalam Sanggar Seni Rau Gabi, atas kerja keras telah menyelenggarakan festival idadari ma munara, suatu kebanggaan festival idadari ma munara digagas dengan sederhana namun muatannya sangat besar, yang terpenting semua objek kebudayaan yang ada di gurabunga kedepannya harus dinarasikan agar tetap terjaga.

Di kesempatan yang sama, Pendiri Sanggar Rau Gabi Kelurahan Gurabunga, Hi. Abdullah Husain dalam sambutannya menyampaikan, seluruh lomba yang ditampilkan pada festival Idadari Ma Munara II ini, merupakan lomba yang luar biasa, ada lomba masak atau toko cuka, ada pula lomba permainan tradisional yang diperagakan oleh para Ibu-Ibu.

“Menariknya, selain lomba masak, ibu-ibu Kelurahan Gurabunga juga turut berpartisipasi pada lomba permainan tradisional, yang lambat laun ada yang sudah punah dan hampir tidak pernah dimainkan lagi oleh anak-anak masa kini, permainan tradisional ini kedepannya harus terus dijaga dan dipelihara, agar dapat dilestarikan pada setiap event Idadari Ma Munara,” Ucap Hi. Abdullah.

Sementara, Ketua Sanggar Rau Gabi, Ridwan Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Festival Idadari Ma Munara merupakan event tahunan yang sudah digelar kedua kalinya di Kelurahan Gurabunga, Festival ini juga sebagai penanda lahirnya Sanggar Seni Rau Gabi di Kelurahan Gurabunga, melalui kegiatan-kegiatan yang positif, festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan perputaran ekonomi di Kelurahan Gurabunga.

“Festival Idadari Ma Munara akan terus digelar setiap tahun, tepatnya di bulan Oktober, festival yang digagas oleh anak muda Kelurahan Gurabunga ini juga sebagai perayaan Hari Ulang Tahun berdirinya Sanggar Seni Rau Gabi, untuk itu kami meminta dukungan penuh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, agar Festival Idadari Ma Munara dapat masuk dalam Kalender Event Pemerintah Kota Tidore Kepulauan,” pinta Ridwan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *