Kegiatan Sosialisasi Transisi Pendidikan Anak Usai Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD)

Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Tidore, Senin (28/8/2023).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan yang juga selaku Bunda Paud Kota Tidore Kepulauan Ny. Hj Safia Ali Ibrahim, didampingi  Ketua I Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan selaku Ketua Pokja Paud Kota Tidore Kepulauan Ny. Hj Rahmawati Muhammad Sinen didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Zainuddin Umasangadji menghadiri kegiatan Sosialisasi Transisi Pendidikan Anak Usai Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan,di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Tidore, Senin (28/8/2023).

Ny. Hj Safia Ali Ibrahim mengatakan transisi PAUD ke SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri lingkungan belajar baru. dengan Usia dini merupakan Periode penting dalam proses tumbuh kembang peserta didik dan membangun fondasi pengetahuan, keterampilan serta karakter yang dibutuhkan sebagai bekal kehidupan.

Safia Ali Ibrahim juga menambahkan, Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan adalah gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD/MI/ Sederajat dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru.

“maka saya mengajak kepada bapak/ibu guru SD agar mari kita sukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, semoga gerakan ini dapat terus berlanjut untuk menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak kita.” Ajak Safia

Sementara, Ketua Pokja Paud Kota Tidore Ny. Hj Rahmawati Muhammad Sinen mengingatkan agar ketika pada masa transisi PAUD ke SD selama dua minggu pesert didik tidak harus dituntut untuk mempelajari menulis, menghitung dan membaca, karena peserta didik masih dalam tahapan menyesuaikan dengan pembelajaran PAUD, “saya ingatkan lagi kepada bapak/ibu guru agar tidak memaksakan peserta didik di masa transisi PAUD ke SD untuk mempelajari menulis dan sebagainya, agar anak-anak juga merasa menyenangkan di sekolah tersebut.” kata Rahmawati

“sebelum melakukan sosialisasi ini, kami telah mengambil sampel dibeberapa sekolah PAUD, TK dan SD di Kecamatan Tidore, ternyata yang didapatkan adalah setiap sekolah SD tersebut telah melaksanakan proses transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini dengan sangat baik.” Tambah Rahmawati

Kesempatan yang sama juga, Kepala Dinas Pendidikan Zainuddin Umasangadji mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini untuk meningkatkan mutu pendidikan pada umumnya, dan yng paling penting adalah bagaimana bisa menanamkan atau menerapkan nilai profil pelajar Pancasila, sehingga para peserta didik menjadi generasi penerus emas serta memiliki karakter yang baik sesuai dengan apa yang diinginkan.

Sebelum menghadiri sosialisasi, Bunda Paud Kota Tidore Kepulauan Ny. Safia Ali Ibrahim, didampingi  Pokja Paud Kota Tidore Kepulauan Ny. Hj Rahmawati Muhammad Sinen, Ketua III Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan Ny, Ferawati Abdurahman Arsyad, Kepala Bidang PAUD Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Boki Hajar Arif beserta jajarannya melakukan monitoring dan evaluasi transisi PAUD ke SD diberbagai sekolah PAUD, TK dan SD di Kecamatan Tidore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *