Untuk meningkatkan mutu pelayanaan Kesehatan pada indikator kepatuhan identifikasi pasien dan kepuasan pengguna layanan perlunya penerapan metode baru dengan memanfaatkan tekhnologi untuk meningkatkan efektifitas dan pemantauan kualitas pelayanan yang diberikan. Puskesmas soasio Kota Tidore Kepulauan mengembangkan inovasi Si Mona Bahenol atau sistem monitoring pelayanan berbasis online sebagai salah satu upaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal melakukan penilaian terhadap pelayanan puskesmas soasio dan memudahkan petugas dalam mengevaluasi kinerja pelayanan.
Upaya ini dilakukan puskesmas soasio untuk menidentifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat dalam menerima pelayanan Kesehatan, karena setiap orang berhak mendapatkan pelaynan yang aman dan bermutu seseuai dengan standar pelayanan. Untuk mewujudkan pelayanan Kesehatan yang aman dan bermutu setiap tempat pelayanan termasuk fasilitas pelayanan Kesehatan Tingkat pertama (FKTP) Puskesmas Soasio wajib memenuhi indikator Nasional Mutu pelayanan (INM) yang dilaksanakan.
Untuk itu Puskesmas Soasio kota tidore kepulauan mengagas upaya ini dengan sebuah Inovasi “ SI MONA BAHENOL “ sistem monitoring pelayanan berbasis online.
Harapannya inovasi “SI MONA BAHENOL” ini dapat mengali kekurangan-kekurangan pelayanan yang ada di puskesmas soasio, sehinga dapat di perbaiki dan di tingkatkan untuk memunuhi kebutuhan dan harapan masyarakat tentang pelayanan yang diberikan, sehinga masyarakat merasa aman dan bermutu untuk menerima layanan yang diberikan.
Dalam penggunaan Iovasi “ SI MONA BAHENOAL “ dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :
Masyarakat atau pengguna layanan di puskesmas soasio dapat ,mengakses dengan mengunakan tautan link https://forms.gle/NqdukeacejFLMyL99 untuk memberikan penilaian ataupun bisa memindai barcode yang terdapat pada gambar. Masyarakat bisa langsung mengisi identitas dan sejumlah pertanyaan tentang pelayanan yang didapatkan pengguna layanan atau masyarakat terhadap pelayanan di UPT. Puskesmas Soasio. Masyarakat juga dapat memberikan aduan dan saran yang dapat di isi di kolom aduan maupun masukan.
Setiap masukan yang diberikan baik berupa saran maupun kritik yang bersifat membangun akan segera kami tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami.
MOTO kami : “URE SE JAGA LAHA SUNG SIGADO NGO” Kesehatan adalah modal yang harus dipelihara.