08 / 10 / 2018 07:25:48

WALIKOTA RESMI BUKA WORKSHOP KEMARITIMAN APEKSI KOMWIL VI TAHUN 2018

Posting : 08 / 10 / 2018 07:25:48 - Oleh : admin

Walikota Tidore Kepulaun H. Ali Ibrahim selaku Wakil Ketua II Apeksi Komisariat Wilayah (Komwil) VI mewakili Ketua Apeksi Komwil VI membuka dengan resmi Workshop Kemaritiman Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komwil IV Tahun 2018, bertempat di Novhotel Kota Bitung, Sabtu (6/10).

Dalam sambutan Ketua Apeksi yang disampaikan Wakil Ketua II Ali Ibrahim mengatakan bahwa kedaulatan dan kemaritiman merupakan isu yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian yang lebih besar bagin Indonesia sebagai Negara Kepulauan. Potensi kedaulatan dan kemaritiman perlu dikelola secara berkelanjutan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, hal ini tentunya memerlukan gagasan yang visioner dan strategis, serta diikuti oleh langkah-langkah terobosan yang tepat.

Untuk itu, lanjut Ali, diperlukan perencanaan diperlukan perencanaan yang terpadu dan komprehensif secara spasial berupa rencana tata ruang laut nasional sebagai landasan dan arahan spasial dalam membangun kedaulatan Indonesia menuju proses maritime dunia dimana isu maritime adalah hal paling penting dan paling strategis yang harus dibicarakan oleh bangsa dan diimplementasikan di dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lombang selaku tuan rumah Workshop Kemaritiman Apeksi Komwil IV Tahun 2018 mengatakan kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dan diikuti para kepala Daerah yang tergabung dalam Apeksi Komwil VI diharapkan bisa mencetuskan sebuah rekomendasi kedua untuk nantinya diserahkan kepada Presiden RI terkait perikanan, mengingat wilayah timur memiliki potensi tersebut. “Hal ini penting, agar yang memiliki kewenangan mengeluarkan regulasi di Perikanan dapat mengikuti kultur kawasan Indonesia Timur” Ungkapnya.

 

Bagikan :