08 / 10 / 2018 07:18:03

WALIKOTA BUKA RESMI FGD NAPAK TILAS 500 TAHUN EKSPEDISI MAGELHAENS ELCANO 2021

Posting : 08 / 10 / 2018 07:18:03 - Oleh : admin

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH membuka secara resmi acara Fokus Grup Diskusi (FGD) di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Jumat (5/10). Kegiatan ini mengusung tema "Membangun Inisiatif Pendukungan Kementerian/Lembaga Dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara Dalam Peringatan Napak Tilas 500 Tahun Magelhaens Elcano Di Tidore 2021", dengan menghadirkan narasumber dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Hilmar Faris, Dirjen Amerika Eropa yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Diplomat Sturmius Stefanus Bate serta Sultan Tidore Husain Syah.

Dalam sambutannya, Walikota Ali Ibrahim mengatakan Peringatan 500 tahun ekspedisi Magelhaens Elkano memiliki arti penting dan strategis bagi bangsa Indonesia, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kabupaten/Kota di Maluku Utara dan secara khususnva bagi Pemerintah dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan sebagai salah satu Tuan Rumah dalam kegiatan ini nantinya.

Walikota Ali Ibrahim meminta, kepada narasumber dan peserta FGD, untuk memberikan perhatian penuh, pikiran, gagasan dan membangun kesepahaman guna mendukung Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Tidore Kepulauan dalam menyiapkan sarana dan parasaran, termasuk dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat serta kementerian/lembaga terkait.

Sementara laporan panitia, Muhammad Tasim Hayatuddin mengatakan tujuan kegiatan FGD ini yaitu, diharapkan dapat melahirkan kesepahaman dan rekomendasi kerjasama program/kegiatan serta dukungan anggaran Kementerian, Perwakilan Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Tidore serta dari Kesultanan Tidore.

Diakhir kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman / Kmenterian terkait / Lembaga dan Kesultanan Tidore tentang Partisipasi Indonesia dalam peringatan Napak Tilas 500 Tahun Magelhaens Elcano di Tidore 2021.

Sedangkan peserta FGD adalah keterwakilan, Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Provinsi maupun Kota Tidore serta dari beberapa Kabupaten/ Kota lainnya di Maluku Utara dan Akademisi, Sejarawan dan Budayawan, PNS serta OKP.

Turut hadir mewakili Gubernur Maluku Utara, Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Administrasi, Anwar Husen, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para Asisten, Staf Ahli serta Pimpinan SKPD.

Bagikan :