05 / 10 / 2018 09:17:56

Pemkot Bahas Pembangunan Bendungan Wairoro

Posting : 05 / 10 / 2018 09:17:56 - Oleh : admin

Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Asrul Sani Soleman di damping Kakanwil Pertanahan Maluku Utara, M Syahrin dan Kepala Balai Sungai Maluku Utara, Abdul Muis memimpin rapat pembahasan mengenai rencana program pembangunan bendungan Wairoro Halmahera Tengah yang bertempat diruang rapat Walikota, Selasa (2/10).

Asrul Sani dalam sambutannya mengatakan bahwa rapat ini terselenggara untuk memfasilitasi hal-hal yang perlu dilengkapi pada perencanaan pembangunan Bendungan Wairoro yang rencananya akan dibangun diatas wilayah Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Terungkap dalam rapat tersebut Pemkot melalui Asrul Sani berharap agar rencana pembangunan bendungan Wairoro nantinya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang ada, terkait dengan lahan yang akan digunakan.

Sedangkan Kepala Balai Sungai Maluku Utara mengatakan bahwa dari pihak mereka sudah menugaskan tim untuk menghadap ke Walikota Tidore Kepulauan maupun Bupati Halmahera Tengah, dan menjelaskan secara detail tentang rencana awal bendungan Wairoro ini akan memerlukan pembebasan lahan seluas 262 H yang ada di wilayah Kota Tidore tepatnya di Kecamatan Oba. Namun pihak Balai Sungai Maluku Utara juga mengungkapkan bahwa desain untuk Bendungan belum bisa dipaparkan secara terinci, mereka meminta waktu sampai akhir tahun.

Sementara itu, Kakanwil Pertanahan Maluku Utara M Syahrin mengatakan bahwa setiap pengadaan tanah harus berpacu dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional) karena menurut UU No 2 tahun2012 pengadaan tanah memiliki tahapan-tahapan yakni  perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penyerahan. sehingga nantinya bisa menghindari masalah tentang pengadaan tanah.

Turut hadir dalam rapat ini instansi-instansi terkait. seperti Bapelitbang, Dinas Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan dan SKPD-SKPD terkait lainnya

Bagikan :