05 / 10 / 2018 09:05:14

Pemkot Terima Tim Ekspedisi Jalur Rempah

Posting : 05 / 10 / 2018 09:05:14 - Oleh : Admin

Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan menerima dengan resmi Tim Ekspedisi Jalur Rempah Tahun 2018 di Kelurahan Mareku Kecamatan Tidore Utara, Sabtu (29/9). Acara yang dikemas bernuansa adat tersebut diawali dengan penjemputan Tim oleh Staf Ahli Walikota, Jamaluddin Badar di pelabuhan Rum.

Dalam acara tersebut, Kepala Kelurahan Mareku yang didaulat untuk memberikan sambutan selamat datang atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan khususnya di Kelurahan Mareku menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan Tim Ekspedisi Jalur Rempah Tahun 2018 di Tidore, Pemerintah berharap semoga Rim Ekspedisi dapat berbaur dengan masyarakat sehingga dapat melaksanakan tugas dalam rangka penelitian jalur rempah di Tidore.

Dalam kesempatan yang sama yang mewakili tokoh adat, Sangaji Laho Umar Yasin dalam sambutannya menyampaikan bahwa ekspedisi jalur rempah yang dilakukan oleh bangsa Spanyol di Tidore dimulai pada tahun 1521, Tidore berupaya menjalin kerja sama yang baik dengan bangsa Spanyol dari kerjasama tersebut diharapkan mampu mendorong kesejahtraan bagi masyarakat Tidore serta atas nama segenap Bobato Adat Kesultanan Tidore Berharap kehadiran tim ini mampu memberikan pencerahan baru akan sejarah bagi masyarakat Tidore sendiri.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Sejarah Nasional, Suhardja dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tim Ekspedisi Jalur Rempah Tahun 2018 merupakan mahasiswa seluruh Indonesia yang diseleksi secara online, dari hasil seleksi tersebut sebanyak 100 peserta lolos kemudian ditempatkan di Maluku Utara, Untuk Kota Tidore Kepulauan sejumlah 25 mahasiswa yang akan melakukan pengumpulan data tak hanya mengenai rempah saja tetapi segala aspek sosial ekonomi turut menjadi bahan untuk penelitian tersebut serta para peserta akan tinggal dimareku hingga 5 oktober nanti akan dilakukan penarikan ke base camp di Ternate, Hasil dari penelitian tersebut nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan dan juga Provinsi Maluku Utara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Kepala Dinas Pendidikan, Camat Tidore Utara dan Warga Kelurahan Mareku. (Admin)

Bagikan :