28 / 09 / 2018 18:53:45

Kepala Badan Pusat Statistik berkunjung ke Kota Tidore Kepulauan

Posting : 28 / 09 / 2018 18:53:45 - Oleh : Admin

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Dr. Suhariyanto, Kamis (27/9) berkunjung ke Kota Tidore Kepulauan. Kunjungan orang nomor satu BPS ini diterima Staf Ahli Walikota BidangPolitik Hukum dan Pemerintahan, Djamaluddin Badar,S.IP saat tiba di Pelabuhan Trikora Goto.

Usai tiba di Tidore, Kepala BPS, Dr. Suhariyanto langsung berkunjung ke Kadaton untuk bersilaturahmi dengan Sultan Tidore, H. Husain Syah beserta perangkat adat Kesultanan Tidore. Dr. Suhariyanto pada kesempatan tersebut mendapatkan kehormatan dengan dianugerahkan sebagai Warga Kehormatan Kesultanan Tidore, dengan dipakaikan baju adat tidore berupa besu dan belah dada oleh sultan tidore.

Jojau Kesultanan Tidore, Amin Faruk dalam pertemuan tersebut menjelaskan secara singkat peran Kesultanan Tidore dalam pembebasan Irian Barat untuk bergabung dengan NKRI, serta sejarah perjalanan Kesultanan Tidore pada masa lampau.

Sementara Sultan Tidore, H. Husain Syah dalam sambutannya menyampaikan syukur yang tak terhingga, karena mendapat kehormatan atas kunjungan kepala BPS. Dikatakan, walaupun Kota Tidore ini terbilang kecil, kami bangga karna kota kecil ini mempunya peranan yang sangat besar dalam kemerdekaan Indonesia dan seper tiga wilayah Indonesia merupakan daerah pemberian dari Tidore, yang di berikan secara cuma-cuma kepada ibu pertiwi.

Sultan Tidore juga menjelaskan bahwa, Kota Tidore sendiri telah mempunyai putra terbaik seperti Sultan Nuku, yang  mana telah berjuang mati-matian tanpa pamrih untuk membela Negara kesatuan Republik Indonesia. Dan ini merupakan warisan kami. Satu tekat yang tertanam diri kami, anak cucu sultan nuku, merah puti merupakan harga mati bagi kami.

Dalam sambutan Kepala BPS, Dr. Suhariyanto mengatakan, ini merupakan kedua kalinya menginjakan kaki di Tidore setelah tiga tahun yang lalu pernah berkunjung ke Tidore. Suhariyanto mengatakan, tiga tahun yang lalu pertama kali datang ke Tidore, ada perasaan nyaman serta teduh yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata yang membuat saya kembali untuk berkunjung lagi ke Tidore. "Sudah banyak tempat nyaman yang saya kunjungi, namun Tidore mempunyai kesan tersendiri sehingga saya tertarik untuk kembali berkunjung dan bersilaturahim," ujarnya.

Bagikan :