04 / 08 / 2019 11:58:07

Wali Kota Buka Kegiatan B2SA

Posting : 04 / 08 / 2019 11:58:07 - Oleh : admin

Festival pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) resmi dibuka Wali Kota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim, Rabu (31/7) di Gedung Wanita Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan yang mengusung tema “mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mandiri” ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Tidore Kepulauan bekerja  sama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Tidore Kepulauan.,

Wali Kota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan bahwa pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman merupakan makanan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antara kelompok pangan berdasarkan cita rasa, daya cerna dan daya beli masyarakat serta aman untuk dikonsumsi.

H. Ali Ibrahim berharap kegiatan ini dapat memotivasi ibu-ibu tim penggerak PKK dalam upaya menggerakan penggunaan olahan makanan non terigu dan non beras sehingga mewujudkan penyediaan menu konsumsi yang beragam, bergizi, seimbang dan aman atau merupakan salah satu upaya dalam ranggka menggali potensi  mengembangkan kreatifitas dalam menciptakan menu, mengangkat citra dan martabat pangan lokal serta memasyarakatkan pangan lokal di daerah ini.

“Saya mengajak kepada seluruh peserta bahwa setelah mengikuti lomba ini untuk dapat lebih kreatif lagi dalam menciptakan dan menyajikan menu makanan bagi keluarga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal dengan pangan sumber karbohidrat selain beras dan terigu,” jelas Ali Ibrahim.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Tidore Kepulauan, Sulama Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan lomba ini bukan merupakan sebuah tujuan atau sasaran utama, namun yang terpenting adalah bagaimana peserta  dapat berkreasi dan berinovasi, dalam menciptakan dan menyajikan sebuah menu yang dapat memenuhi sebuah kebutuhan dan kecukupan gizi berbahan dasar ikan, dalam upaya pemenuhan gizi keluarga dan masyarakat sehingga sasaran kita ke depan ialah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan kebutuhan akan gizi dapat terpenuhi sehingga akan tercipta sebuah kondisi masyarakat yang sejahtera.

Peserta lomba yang terdiri dari 8 (delapan) Kecamatan se Kota Tidore Kepulauan menyuguhkan beragam menu makanan berbahan lokal yang kemudian dinilai oleh Tim penilai yang terdiri dari ahli gizi, ahli kuliner, Perwakilan PKK sebagai pemerhati Kuliner yang melakukan penilaian dengan berbagai standar penilaian.Untuk kategori lomba menu B2SA, berdasarkan surat keputusan dewan juri dengan nomor 01/SK/DJ/VII/2019 Kecamatan Tidore Utara keluar sebagai juara I dengan skor nilai 535 disusul Kecamatan Oba juara II dengan skor nilai 470, dan Kecamatan Tidore Selatan pada juara III dengan skor nilai 412.

Turut hadir pada  acara ini Asisten Sekda Bidang Tata Pemerintahan Umi Rasyid, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan Hj Nursaidah Asrul Sani Soleiman, Pimpinan OPD Lingkup Kota Tidore Kepualauan, Anggota Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan serta para peserta lomba. (Malut Post)

Bagikan :