02 / 05 / 2019 13:31:04

Peringatan Hardiknas Tahun 2019 Berlangsung Khidmat

Posting : 02 / 05 / 2019 13:31:04 - Oleh : Admin

Upacara Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019  di Kota Tidore Kepulauan berlangsung meriah dan khidmat. Upacara yang dipusatkan di Halaman Kantor Walikota Tidore Kepulauan ini  dipimpin langsung oleh Walikota Capt. H. Ali Ibrahim yang bertindak selaku Inspektur Upacara, Kamis (2/5) pagi.

Dalam upacara ini, bertugas selaku Komandan Upacara Mochtar A. Pitadjali, Kepala Sekolah SDN 1 Indonesiana, Perwira Upacara Muriyono Hamid, Kepala Sekolah SMPN 1 Tidore Kepulauan, Pembaca Teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 Ismail Dukomalamo, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, Pembaca Doa dari Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan, H. Ali M. Tero dan Petugas Pengibar Bendera dari Purna Paskibraka Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, dalam pidatonya yang dibacakan Walikota Tidore Kepulauan, mengatakan pada Hari Pendidikan Nasional 2019 ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan“. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat Pendidikan dan Kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengamalan kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam Pembangunan sumberdaya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan-santun dan budi pekerti luhur”. Kata Muhadjir.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atas nama Pemerintah juga menyampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri. teristimewa kepada para pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pengiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan dan kontributor pendidik lainnya yang telah menyalakan mimpi memberi inspirasi masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. Pungkas Muhadjir.

Pada kesempatan ini, Walikota juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas berprestasi tingkat provinsi dan nasional. Penghargaan juga diserahkan oleh Walikota kepada para juara lomba yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional tahun 2019. Para juara lomba masing-masing adalah; Juara Gerak Jalan tingkat Sekolah Dasar Putra/Putri,Juara Lomba Gerak Jalan Tingkat SMP Putra/Putri, Juara lomba Cerita Anak Tingkat SD/MI, serta juara lomba kreatifitas siswa TK berupa Lomba Asmaul Husna dan Tarian Religi. Walikota juga menyerahkan santunan kepada siswa yatim piatu jenjang SD dan SMP yang bersumber dari dana bantuan Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan.

Sebelum menutup rangkaian Upacara, Walikota berkesempatan menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pemanfaatan data base / Nomor Induk Kependudukan dalam verifikasi data guru dan tenaga kependudukan dan peserta didik di lingkup Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan. yang ditandatangani oleh Kadis Pendidikan  dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tidore Kepulauan.

Bagikan :