02 / 05 / 2019 13:25:34

Walikota Resmi Buka Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2019

Posting : 02 / 05 / 2019 13:25:34 - Oleh : Admin

Walikota Tidore Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim secara resmi membuka kegiatan penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kota Tidore kepulauan Tahun 2019 yang bertempat di Aula Dinas Pertanian, Kamis (2/5).

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan mengamanatkan bahwa penyelenggaraan penyuluhan menjadi wewenang dan tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang diwujudkan antara lain dengan menyelenggarakan Revitalisasi Penyuluhan Pertanian yang meliputi aspek penataan kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, sarana dan prasarana serta pembiayaan penyuluhan.

Aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap pelaku utama dan pelaku usaha dengan tetap mengacu pada prinsip penyusunan yang benar, antara lain 1. Terukur, 2. Realistis, 3. Bermanfaat, 4. dapat dilaksanakan, 5. Partisipatif, 6. Terpadu, 7. Transparan, 8. Demokratis, 9. Bertanggungjawab gugat, itulah tujuan sebenarnya yang ingin kita peroleh dari kegiatan Programa Penyuluhan Pertanian hari ini.

Selain itu, Ali juga berharap penyusunan programa penyuluhan hari ini adalah momentum penting bagi seluruh penyuluh, petani maupun stakeholder terkait untuk menggali sebanyak mungkin potensi maupun permasalahan yang selama ini menjadi penyebab tidak tercapainya kondisi yang diinginkan dan dapat menghasilkan rumusan kegiatan yang diyakini mampu merubah kondisi atau keadaan yang dialami.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan, Imran Jasin dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan keterpaduan dan kesinergitas programa penyuluhan pertanian pada setiap tingkatan.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Provinsi Maluku Utara, Ketua Tim Kajian Master Plan Unkhair Ternate, Asisten Setda, Staf Ahli Walikota, Pimpinan OPD, Kepala BPP Kecamatan dan Para Penyuluh serta Tokoh Petani.

Bagikan :