02 / 04 / 2019 07:42:19

Walikota dan Ketua TP.PKK Tinjau Pelaksanaan Operasi Katarak Gratis

Posting : 02 / 04 / 2019 07:42:19 - Oleh : Admin

Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim bersama Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Sulama Ali Ibrahim meninjau pelaksanaan Operasi Katarak Gratis bagi masyrakat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tidore, Sabtu (30/3) pagi.

Operasi Katarak Gratis yang diselenggarakan berkat kerjasama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Tidore dengan Pesatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Sulawesi Selatan dan PT. Sidomuncul tersebut dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 29 sampai 30 maret dengan jumlah pasien sebanyak 150 orang.

Usai meninjau pelaksanaan operasi katarak Walikota H.Ali Ibrahim menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial Pemerintah Daerah terhadap masyarakat dalam membantu dan meringankan beban masyarakat serta sebagai komitmen Pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan di Kota Tidore Kepulauan.

Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini menyampaikan rasa terimakasi kepada Perdami cabang Sulawesi Selatan dan PT Sidomuncul yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam hal ini Dinas kesehatan Kota Tidore untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Tidore Kepulauan tanpa dipungut biaya.

Ali Ibrahim berharap usai menjalani operasi nantinya para pasien dapat melakukan pemeriksaan secara rutin sesuai dengan arahan  dokter sehingga dapat memperoleh hasil yang terbaik.

"Semoga operasi ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita dan mereka yang telah dioperasi bisa melakukan aktifitasnya kembali dengan normal" harap Ali Ibrahim.

Sementara kepala Dinas Kesehatan Abdullah Maradjabessy mengatakan, Pelaksanaan Operasi katarak gratis kepada masyarkat kali ini dilaksanakan selama dua hari dengan menghadirkan sejumlah dokter ahli mata, tenaga tehnisi dan perawat dengan total sekitar 13 orang yang dipimpin langsung oleh Ketua Devisi Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perdami cabang Sulawesi Selatan dr. Ahmad Ashraf, Spesialis dokter ahli mata.

Abdullah Maradjabessy menambahkan, Operasi katarak gratis kali ini menggunakan tehnik moderen yaitu dengan menggunakan Phaco emulsifikasi  atau  biasa disebut dengan laser mata. Dengan menggunakan alat tersebut opersi katarak dilakukan dengan cepat aman dan tanpa jahitan, dalam satu jam bisa menyelesaikan tiga sampai empat pasien.

Usai meninjau pelaksanaan operasi katarak gratis, Walikota Ali Ibrahim juga mengunjungi dan memberikan bantuan keada tiga orang anak pasien penderita gizi buruk di ruang Anak RSUD Kota Tidore

Bagikan :