27 / 03 / 2019 12:23:09

Pemkot Gelar Sosialisasi Jadwal Retensi Arsip

Posting : 27 / 03 / 2019 12:23:09 - Oleh : Admin

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan  melalui  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore kepulauan menggelar Sosialisasi Peraturan Walikota Tidore Kepulauan Nomor 36 tahun 2018 tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA), secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Walikota Bidang Hukum Politika dan Pemerintahan Djamaluddin Badar, S.IP yang bertempat di Aula SMK Negri 1 Kota Tidore Kepulauan, Selasa (26/3).

Walikota Tidore kepulauan dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan mengatakan berdasarkan undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan dan peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang pelaksanaan Undang- Undang Nomor 43 Tahun 2009 serta memperhatikan surat Menteri dalam Negeri Nomor  061/3137/SJ Tanggal 21 Mei 2018 tentang percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Tahun 2018.

Arsip Merupakan rekaman peristiwa atau rekaman suatu kegiatan dalam penyelenggaraan Pemrintahan yang di jadikan Bukti Otentik yang Sah, oleh karena itu kearsipan harus dijaga dengan baik.

Djamaluddin berharap kepada peserta dengan tekun mengikuti materi yang disampaikan agar benar-benar pahami dan diterapkan di OPD masing- masing dan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan agar selalu memberikan pembinaan terhadap penyelenggaraan Kerasipan di masing-masing OPD dan saya Instruksikan agar setiap OPD harus ada tenaga Arsiparis.

Dalam Kesempatan yang sama Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Husen Jauhary mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi jadwal retensi Arsip (JRA) adalah agar Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemrintah Kota Tidore Kepulauan dapat menyamakan Presepsi dan Pemahaman tentang pentingnya arsip dan setiap OPD dapat memberikan kepastian hukum dan menentuykan nasip akhir dari arsip yang tercipta serta dapat memberikan umur simpanan yang pasti, sosialisasi ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 26-27 Maret 2019, jumlah peserta sebanyak 36 orang.

Turut hadir Kepala Sub, Direktorat 1 C. Arsip Nasional Republik Indonesia, Dwi Nurmaningsih  selaku Pemateri, Pimpinan OPD di lingkup Kota Tidore Kepulauan, peserta Sosialisasi

Bagikan :