12 / 12 / 2018 07:48:40

Bimtek Pengamanan Sistem Informasi Resmi Digelar

Posting : 12 / 12 / 2018 07:48:40 - Oleh : Admin

Asisten Setda Bidang Tata Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan, Umi Abdurrasyid membuka denga resmi kegiatan Bimbingan Teknis(Bimtek) Pengamanan Sistem Informasi yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik Kota Tidore Kepulauan, Selasa (11/12).

Umi dalam sambutannya menyampaikan Kehadiran globalisasi membawa pengaruh terhadap kehidupan suatu bangsa di segala bidang yang akan mempengaruhi nilai-nilai nasionalisme. Globalisasi merupakan proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal wilayah. Sebagai sebuah proses, globaliasasi berlangsung melalui dua dimansi yaitu ruang dan waktu.

Umi juga menambahkan hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat. Pengaruh globalisasi dengan dukungan teknologi informasi seperti saat ini bagaikan pedang bermata dua, disuatu sisi memberikan manfaat seperti kecepatan, ketepatan, akurasi dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang.Disisi lain kemajuan teknologi dapat menjadi suatu ancaman seperti halnya kasus penipuan, pembobolan keuangan melalui media elektronik maupun di level birokrasi.  

Oleh karena itu saya berpesan kepada seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan harus mengetahui Aspek keamanan sistem informasi, metedologi keamanan, cara mendeteksi suatu serangan atau kebocoran sistem, langkah-langkah dalam keamanan sistem informasi dan strategi serta taktik keamanan sistem informasi sehingga kebocoran data dan informasi dapat dihindari, saat ini pemerintah masih berupa berbagai cara yang di tempuh termasuk salah satu diantaranya melakukan Bimtek seperti ini.

Sementara Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik Kota Tidore Kepulauan Hj Sabur Kalam dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi peserta Bimtek terkait dengan pengamanan informasi sesuai dengan bidang tugas yang dimilikinya serta sebagai langkah awak untuk menata tugas-tugas dengan menggunakan sistim informasi, meliputi memahami konsep dasar keamanan sistim informasi, kemudian memahami ancaman apa saja yang bisa terjadi pada sistim informasi yang digunakan, melakukan identifikasi celah keamanan yang ada pada sistem informasi yang digunakan di intansinya dan melakukan pengaman terhadap jaringan dan sistem informasi yang baik dari berbagi anvaman yang berasal dari jaringan local maupun dari internet.

Narasumber dari kegiatan Bimtek ini Drs Hi. Iksan Arsad dan Sinen Yusuf dari Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan Statistik Propinsi Maluku Utara dan peserta yang terdiri dari Siswa SMA dan SKPD dilingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Bagikan :