27 / 11 / 2018 06:44:02

Pemkot Tidore Apresiasi Kinerja Kelompok Tani Sumber Makmur

Posting : 27 / 11 / 2018 06:44:02 - Oleh : admin

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sangat mengapresiasi usaha tani yang dilakukan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur Transmigrasi SP I Desa Maidi Kecamatan Oba Selatan. Apresiasi ini disampaikan Pemkot Tidore Kepulauan melalui Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Halil Achmad pada pembukaan Panen Raya Tomat Gapoktan Sumber Makmur, Senin (26/11) siang kemarin.

Panen raya ini merupakan panen kedua yang dilakukan Gapoktan Sumber makmur dengan total hasil panen sebanyak 2 ton dari lahan yang ditanami tomat seluas 3 Ha, sedangkan pada panen perdana beberapa hari lalu, Gapoktan memperoleh sebanyak 1,2 ton buah tomat segar.

Staf Ahli Walikota Kota Tidore Kepulauan, Halil Ahmad, mengatakan untuk menjadi petani membutuhkan kesabaran dan keseriusan, pasalnya apa yang dilakukan oleh petani tentu hasilnya akan dinikmati oleh petani itu sendiri. Sementara pemerintah hanya mampu membantu untuk memfasilitasi dari segi sarana dan prasarana lainnya.

Halil Ahmad juga berharap hasil panen ini juga mampu menjadi contoh bagi para petani lokal di sekitar lahan transmigrasi sehingga hasilnya bukan hanya untuk para petani saja namun lenih luas mampu memasarkan hasil panen ini ke luar Tidore serta menjadikan Kota Tidore Kepulauan sebagai salah satu sentra tomat terbesar di Maluku Utara

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan, Imran Jasin mengatakan bahwa dalam upaya mewujudkan Visi Misi Walikota dan Wakil Walikota Kota Tikep yang akan menjadikan Tidore sebagai Kota Jasa Berbasis Agromarine pihaknya akan terus memberi dukungan kepada petani untuk mengembangkan hasil pertaniannya melalui bantuan yang telah disediakan, baik itu dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

Untuk itu, Imran berharap dalam proses pengembangan tanaman holtikultura yang sifatnya musiman dapat dilakukan secara bertahap, sehingga dengan begitu bisa mengikuti harga pasar. Tidak perlu berkecil hati apabila terjadi penurunan harga, sebab yang namanya tanaman bulanan tentu masih menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Di kesempatan itu, Apresiasi besar disampaikan ketua Gapoktan Sumber Makmur Arianto Abd. Rajak kepada Pemerintah Daerah dimasa kepemimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen, pasalnya pada masa kepemimpinan mereka berdua para petani banyak disentuh dengan bantuan baik berupa pupuk, bibit maupun alat produksi pertanian lainnya.

“Panen pertama itu kami hasilkan sebanyak 1,2 Ton, hanya saja untuk tidore belum ada pasar yang tersedia sehingga kami jual ke halteng dengan harga per kilo senilai Rp. 14 Ribu, dan panen ke dua ini kami hasilkan sebanyak 2 Ton namun target penjualan kami masih di Halteng, sementara di tahap ke tiga baru kami akan jual di ternate atau di Tidore,” ujar lelaki yang membawahi 8 Kelompok Tani yang berada di Trans Maidi Itu.

Di akhir pertemuan, kepala Dinas Pertanian Imran Jasin dan Staf Ahli Walikota Halil Ahmad beserta rombongan juga diajak untuk melakukan panen buah naga, serta penyerahan bantuan secara langsung kepada kelompok tani di trans maidi berupa 4 buah Hand Tracktor.

Bagikan :