26 / 11 / 2018 07:17:45

SEKDA RESMI BUKA FESTIVAL MANCING MANIA KE-V

Posting : 26 / 11 / 2018 07:17:45 - Oleh : admin

Pesisir dan laut di Kota Tidore Kepulauan menyimpan potensi kekayaan dan sumber daya alam yang melimpah. Untuk itu festival ini juga diharapkan mampu membudayakan masyarakat nelayan dalam menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dan menangkap ikan secara mempromosikan kegiatan ini agar kedepannya menjadi lebih baik dan lebih besar.

Demikian sambutan tertulis Walikota yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Thamrin Fabanyo pada pembukaan kegiatan Festival Mancing Mania ke V dan dirangkaikan Penanaman Terumbu Karang yang diselenggarakan  oleh Karang Taruna Dhakomib 69 Kelurahan Soadara Kota Tidor Kepulauan, Sabtu (24/11)pagi.

Thamrin juga menambahkan untuk menumbuhkan kesadaran bersama, maka baik pemerintah maupun masyarakat memiliki rasa kepedulian serta gerakan nyata, untuk itu momentum festival mancing mania dan penanaman terumbu karang ini hendaknya menjadi salah satu langkah strategis kedepan demi terwujudnya kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagi jasa berbasis agro marine.

Sementara M. Rijal Abdullah dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong partisipasi masyarakat pesisir dan nelayan dalam menjaga dan melindungi kelestarian laut serta sebagai iven promosi wisata bahari Kota Tidore.

Peserta Festival mancing mania sebanyak 210 orang terdiri dari mancing laut 186 orang dan mancing darat 24 orang yang berasal dari kota tidore 89 orang, daratan oba 3 orang, pulau mar 10 orang, dan kota ternate 18 orang dan para peserta ini akan merebutkan total bonus senilia 60 juta dari panitia dan gran price hadiah utama 1 buah katinting fiber clas.

Kegiatan yang dilanjutkan dengan acara penutupan pada sore hari yang ditutup oleh Staf Ahli Halil Achmad. Kegiatan dengan tema “Bangkitkan Identitas Bahari, Untuk Tidore Lestari dan Menjadi Realita Dalam Mewujudkan Kota Tidore Kepualuan Sebagai Kota Jasa Yang BerbasisAgromarine”. 

Pemenang lomba Mancing Mania Laut diantaranya Adi dari Desa Gita dengan berat ikan seberat 9,6 kg sebagai pemenang pertama dengan bonus sebesar Rp 4.000.000., Ainudin dari Sangaji dengan berat ikan seberat 5,6 kg sebagai juara kedua dengan bonus Rp3.500.000, Muclas dari Kelurahan Tomalou dengan berat ikan seberat 5 kg sebagai juara ketiga dengan bonus Rp 3.000.000, yang susul Udin dari Dorawa dan Hama Arahaman sebagai juara keempat  dengan bonus Rp.2.000.000 dan kelima dengan bonus Rp. 1.000.000. Sedangkan Mancing Darat diantaranya Ai dari Kelurahan Tongowai dengan bonus Rp 500,000 dan Benyamin dari Kelurahan Tomalou dengan bonus Rp. 300.000.

Bagikan :