29 / 08 / 2019 03:19:25

Jamaah Haji Kota Tidore Kepulauan diterima secara resmi oleh Wakil Walikota

Posting : 29 / 08 / 2019 03:19:25 - Oleh : Admin

Setelah tiba di Kota Tidore Kepulauan pada Hari Sabtu (24/8) lalu, Jamaah Haji Kota Tidore Kepulauan Musim Haji 1440 Hijriyah / 2019 Masehi akhirnya diterima secara resmi oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Kedatangan Jemaah yang berjumlah 136 orang tiba di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan pada Senin (26/8) pagi dan disambut oleh Wakil Walikota, Muhammad Senin bersama unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Instansi Vertikal dan Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan.

Wakil Walikota, Muhammad Senin dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas kedatangan para Jamaah Haji yang seluruhnya dalam kondisi sehat walafiat. Setelah kembali ke tengah masyarakat.

‟Sangat diharapkan Bapak-Ibu Jamaah Haji mampu memposisikan dirinya sebagai “Agen Perubahan” dalam dinamika kehidupan yang lebih nyata. Perubahan yang lebih baik konteks Hablumminallah dan Hablumminannas. Dimana Ibadah lebih mengesankan pada aspek toleransi yang lebih terbuka”. Kata Muhammad Senin.

Muhammad sinen juga mengatakan agar Para Jamaah Haji dapat memberi contoh teladan, contoh yang baik bagi masyarakat di sekitarnya karena semangat berhaji adalah menjadi manusia yang lebih baik, lebih bertaqwa dan menyebarkan nilai-nilai ketaqwaannya di tengah masyarakat, dan Insya Allah seluruh Jamaah Haji mampu meraih predikat sebagai haji yang mabrur.

Pada kesempatan ini Muhammad Senin juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya empat orang Jamaah Haji Kota Tidore Kepulauan, baik yang masih di Embarkasi maupun yang sedang melaksanakan Ibadah Haji di tanah suci.

Senada dengan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan, selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Haji Kota Tidore Kepulauan dalam laporannya turut menyampaikan perasaan duka yang mendalam atas wafatnya keempat Jamaah Haji Kota Tidore Kepulauan dan mengajak semua hadirin di Aula Sultan Nuku untuk menyampaikan Alfatihah kepada almarhum-almarhumah.

‟Secara umum seluruh Jamaah haji Kota Tidore Kepulauan dapat melaksanakan Ibadah Haji dengan aman, lancar dan khusyuk karena proses pelayanan petugas baik sebelum keberangkatan, selama di tanah suci dan sampai kembali ke Kota Tidore Kepulauan seluruhnya dapat terlaksana dengan baik”. jelas Ibrahim Muhammad.

Sementara itu pesan dan kesan Jamaah Haji yang disampaikan Ketua Rombongan, H. Yakub Husain mengungkapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan yang telah membantu dan memfasilitasi para jamaah sejak keluar dari rumah menuju tanah suci hingga akhirnya mereka kembali ke rumahnya masing-masing.

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dianggap sangat maksimal memberikan bantuan dan pelayanankepada para Jamaah Haji. Karena tidak semua Pemerintah Daerah di Indonesia yang melayani Jamaah dengan dijemput dari rumah sampai diantar kembali ke kediaman masing-masing. Dengan pelayanan seperti ini membuat para Jamaah Haji menjadi lebih khusyuk dalam menjalankan Ibadah Hajinya.

Jamaah Haji Kota Tidore Kepulauan yang tergabung dalam Kloter 7 Embarkasi Makassar juga diberikan akomodasi penginapan hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Masjidil Haram dan untuk kelancaran Ibadah Haji, panitia telah menyediakan layanan Bis yang dapat mengantar ke stasiun terdekat Masjidil Haram sampai jarak sekitar 300 meter dengan berjalan kaki.

Jamaah haji Kota Tidore Kepulauan seluruhnya berjumlah 140 orang dan 4 orang diantaranya telah wafat selama melaksanakan Ibadah Haji. Dimana satu orang Jamaah atas nama Suhaima Kahar Umar (61) meninggal di Embarkasi Makassar dan tiga Jamaah lainnya masing-masing atas nama Ibu Fatma Thalib Arilaha, Bapak Hasanudin Yusuf M. Zen dan Ibu Hj.Nur Hasan meninggal di Tanah Suci

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan kembali Bendera Daerah Kota Tidore Kepulauan dari Ketua Rombongan Jamaah H. Yakub Husain kepada Pemerintah Kota Daerah Kota Tidore Kepulauan yang diterima langsung oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Senin.

Bagikan :