10 / 03 / 2020 01:48:35

Perbaikan Data Penduduk

Posting : 10 / 03 / 2020 01:48:35 - Oleh : PROKOMPIM

Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, memerintahkan para camat, lurah dan kepala desa untuk mengecek dan memperbaiki kembali data penduduk dan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Perintah disampaikan Walikota saat memimpin rapat lanjutan terkait  Data Penduduk dimasing-masing Desa/Kelurahan didampingi Staf Ahli Walikota, Kepala Bagian Pemerintahan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, bersama Camat Se Kota Tidore Kepulauan. Bertempat di ruang rapat walikota, Jumat (6/3).

Dalam rapat lanjutan tersebut walikota, membahas tentang perbedaan data Penduduk dari masing-masing kelurahan/Desa yang dimiliki oleh kecamatan berbeda dengan data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil. Walikota berharap camat se kota Tidore kepulauan dapat lebih aktif lagi melaporkan perkembangan penduduk diwilayahnya masing-masing yang kemudian di laporkan ke instansi terkait. “kepada para camat untuk menindak lanjuti perintah ini kepada lurah dan kepala desa sebagai unjuk tombak pelayanan dimasyarakat, agar data yang terkumpul nantinya akurat dan bisa dipertanggung jawabkan”. Kata Ali Ibrahim

 Walikota juga berharap data yang miliki oleh pemerintah daerah dalam hal ini Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil akurat dan sesuai dengan data yang terdapat pada Badan Pusat Statistik. Sebelum data tersebut dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada bulan april mendatang.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Staf Ahli Walikota bidang Kemasyarakatan dan SDM, Marwan Polisiri bahwa data kependudukan yang akurat akan mempengaruhi Dana Alokasi Umum (DAU) Kota Tidore Kepulauan tahun 2021, sehingga memerlukan keseriusan dari semua pihak termasuk lurah, kepala desa dan camat serta instansi terkait.

Marwan Polisiri menyarankan agar instansi terkait dapat memberikan pelatihan pengisian formulir data kependudukan di tingkat desa dan kelurahan.

Bagikan :