06 / 03 / 2020 06:51:56

Penilaian Lomba 10 program Pokok PKK

Posting : 06 / 03 / 2020 06:51:56 - Oleh : PROKOMPIM

Tim Penggerak (TP) Pemberdayan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tidore Kepulauan selama empat hari kemarin disibukan dengan  Penilaian Lomba 10 program Pokok PKK tingkat Kota Tidore Kepulauan.

Sejak Senin (2/3) lalu hingga pada Kamis (5/3) kemarin, Tim Penilai yang dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Hj. Sulama Ali Ibrahim bersama Wakil Ketua II Hj. Nusaida Asrul Sani Soleman yang juga merupakan Ketua DWP Kota Tidore Kepulauan, turun dan melakukan penilaian di 4 Desa/Kelurahan pada empat Kecamatan di Pulau Tidore, penilaian ini juga dipantau langsung oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Tidore Kepulauan selaku penanggung jawab kegiatan.

Empat Desa/Kelurahan di Pulau Tidore yang mendapat kesempatan mewakili Kecamatannya mengikuti Lomba 10 program Pokok PKK tingkat Kota Tidore Kepulauan masing-masing Desa Maregam Kecamatan Tidore Selatan, Kelurahan Jaya Kecamatan Tidore Utara, Kelurahan Gurabunga Kecamatan Tidore dan Kelurahan Doyado Kecamatan Tidore Utara.

 

Penilaian empat Desa/Kelurahan di Pulau Tidore diawali di Kelurahan Doyado pada hari Senin (2/3), Kelurahan Gurabunga pada hari Selasa (3/3), Kelurahan Jaya pada hari Rabu (4/3) dan Desa Marekofo pada hari Kamis (5/3). Sementara untuk penilaian lanjutan empat Desa/Kelurahan di empat Kecamatan di daratan Oba masing-masing Desa Lifofa, Desa Oba, Desa Ampera dan Desa Tauno akan dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 12 Maret pekan depan.

Pada penilaian ini, masing-masing Desa/Kelurahan berupaya menonjolkan kelebihannya di berbagai bidang baik administrasi, Pencegahan KDRT, Pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pelaksanaan PHBS, Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga), Posyandu dan sebagainya.

Seusai penilaian, Tim penilai menyampaikan hasil evaluasi secara terbuka kepada para pengurus PKK Desa/Kelurahan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing Desa. Secara umum tiap-tiap peserta lomba telah berupaya maksimal bahkan ada beberapa peserta yang menurut tim penilai telah bekerja dengan sangat baik dan memperoleh nilai sempurna untuk bidang-bidang tertentu.

Ketua Tim penilai, Hj. Sulama Ali Ibrahim disetiap kesempatan mengatakan, penilaian lomba ini bukan untuk mencari-cari kekurangan bagi para peserta, namun lebih kepada upaya untuk lebih meningkatkan kinerja PKK selaku mitra pemerintah Kota dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan program pemerintah baik Pusat dan Daerah yang tujuannya untuk mengukur dan mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan oleh PKK di semua jenjang dan tingkatan,” kata Sulaman.

Hj. Sulama menambahkan, pembenahan-pembenahan ini seharusnya bukan semata mata dilakukan pada saat lomba seperti ini, akan tetapi dilaksanakan setiap saat sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat di sekitarnya.

Pada kesempatan ini, Hj. Sulama menyampaikan apresiasi kepada para pengurus PKK baik tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang secara bergotong royong bahu membahu menata Desanya untuk lebih siap mensukseskan lomba 10 Program Pokok PKK.

Desa/Kelurahan peserta lomba 10 Program Pokok PKK ini nantinya akan ditentukan satu pemenang yang akan mewakili Kota Tidore Kepulauan pada lomba 10 Program Pokok PKK di tingkat Provinsi Maluku Utara.

Bagikan :