20 / 12 / 2019 02:23:20

Sekda Menghadiri Peringatan Hari Ibu

Posting : 20 / 12 / 2019 02:23:20 - Oleh : Admin

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tidore Kepulauan menggelar Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019, Kamis (19/12), di Aula Nuku dengan tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Asrul Sani Soleiman, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita, para Asisten Sekda, Staf Ahli Walikota,Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ibu-ibu yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita dan Forum Anak Kota Tidore Kepulauan.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan bahwa hakekatnya Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan kepada seluruh rakyat indonesia terutama generasi muda akan arti dan makna hari Ibu sebagai sebuah sebagai momentum kebangkitan bangsa dan penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

PHI juga diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksitensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan serta memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya dan mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan.

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dan sebagainya begitu juga dengan pengasuhan dalam keluarga bahwa peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak.

Sementara Ketua GOW, Hj. Elvry Habib mengatakan momentum Hari Ibu yang ke 91 ini mengangkat tema "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju" ini mengandung arti bahwa peran perempuan saat ini tidak saja harus mengerti tentang bagaimana mengurus rumah tetapi melek teknologi serta di era digital ini kalau mau maju ibu-ibu harus lebih berani dan dominan supaya peran ibu tidak tergantikan oleh perkembangan teknologi yang dipegang anak.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ketua Dewan Penasehat GOW Kota Tidore Kepulauan, Hj. Sulamah Ali Ibrahim bahwa peringatan Hari Ibu menunjukkan adanya perhatian, dan bukti bahwa sebagai generasi penerus masih tetap konsisten melanjutkan tugas sejarah yang sudah dicanangkan oleh pejuang perempuan untuk merintis kemerdekaan kebebasan serta kesetaraan kaum wanita di masa perjuangan.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memperingati Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019 yaitu seminar sehari, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sultan Nuku, lomba “merangkai buah", kampanye 16 hari anti kekerasan perempuan dan anak tingkat SMA dan pemberian penghargaan kepada ibu-ibu yang berjasa dibidangnya seperti bidang, dukun terampil, guru yang berjasa dibidangnya juga sebagai penggerak perempuan dilingkungan dan masyrakatnya.

Bagikan :