27 / 11 / 2019 02:46:32

Sosialisasi Peningkatan Peran dan Fungsi Institusi Statistik Resmi Digelar

Posting : 27 / 11 / 2019 02:46:32 - Oleh : Admin

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleiman membuka  kegiatan Sosialisasi Peningkatan Peran dan Fungsi Institusi Statistik dalam Satu Data Indonesia yang dilaksanakan  Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tidore Kepulauan, bertempat di Meeting Room Penginapan Visal, Kelurahan Gamtufkange, Selasa (26/11) pagi

Asrul Sani Soleiman dalam sambutannya mengatakan ketersediaan data yang akurat merupakan elemen penting dalam rangka merumuskan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Hadirnya konsep Satu Data Indonesia akan memberikan masukan dalam penyusunan dan evaluasi pencapaian berbagai program pembangunan di Kota Tidore Kepulauan yang memerlukan basis data pembangunan daerah.

Dikatakan bahwa Pemerintah Pusat telah menerbitkan Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Dengan terbitnya Perpres ini adalah untuk memperoleh data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar instansi pusat dan daerah melalui pemenuhan standar data, Metadata, Menggunakan Kode Referensi dan Data Induk serta memenuhi Kaidah Interoperabilitas.

Oleh karena itu Asrul sangat berharap kegiatan Sosialisasi ini dapat memberikan arah dan masukan untuk penyempurnaan hasil penyusunan verifikasi dan validasi data.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Kegiatan, yang juga Kepala Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Kota Tidore Kepulauan, Lusi Dwi Rianti dalam laporannya menjelaskan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini antara lain BPS memberikan peran nyata berupa layanan pembinaan statistik sektoral kepada stakeholder terklait dalam kerangka pembangunan Sistem Statistik Nasional. Serta tercipta kesadaran seluruh stakeholder yang terlibat bahwa penyediaan data statistik merupakan tanggung jawab bersama.

Adapun narasumber pada kegiatan sosialisasi masing-masing, Kepala Bidang Integrasi Pengolahan Dan Diseminasi Statistik BPD Malut, Dedi Kintoro, Kepala Bappelitbang Kota Tidore Kepulauan, Dr. Syofyan Saraha dan Kepala BPS Kota Tidore Kepulauan. Para peserta yang mengikuti sosialisasi ini antara lain; OPD Teknis, Perguruan Tinggi, Pimpinan BIMD, Pimpinan Instansi Vertikal dan unsur TNI-Polri

 

Bagikan :