25 / 11 / 2019 00:00:46

Walikota Resmi Tutup Rakerda Tahun 2019

Posting : 25 / 11 / 2019 00:00:46 - Oleh : Admin

Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim menutup dengan resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 21-22 Nopember 2019 di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore, Jum’at (22/11) siang.

Dalam sambutannya Walikota Tidore mengatakan bahwa kegiatan Rapat Kerja Daerah ini haruslah dipandang sebagai bentuk konsolidasi Pemerintahan yang efektif, sehingga hasil Rapat Kerja yang dirumuskan dalam bentuk rekomendasi dapat memberi manfaat bagi kemajuan Daerah. Berbagai permasalahan yang mengemuka dalam forum rapat kerja memerlukan tindak lanjut yang terkonsilidasi lintas sektoral, maka setiap orang harus dapat membuka diri menerima dam memberi solusi sesuai kapasitas yang dimiliki.

Pentingnya perencanaan dan penganggaran dengan memperhatikan efektifitas pengalokasian anggaran sehingga pencapaian output maupun outcome dapat maksimal. Selain itu juga harus memperhatikan kebutuhan realistis yang dilakukan dengan dukungan basis data yang memadai. Raker ini merupakan sarana untuk mencapai tujuan utama yaitu perbaikan kualitas layanan kinerja Pemerintah Daerah, dan lebih penting adalah bagaimana kita mampu dan mau untuk berubah menjadi aparatur Sipil Negara yang respontif dan aktif menjalankan tugas dan fungsi secara konsisten, teratur dan terukur secara professional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif,”tuturnya.

Dikatakan Pemerintah Daerah harus memastikan akses terhadap Pendidikan, Kesehatan, Perumahan, Air minum, sanitasi, serta keamanan ketertiban menjadi persoalan fundamental yang perlu mendapat perhatian serius. Untuk itu disampaikan beberapa hal yang diharapakn menjadi perhatian bersama yaitu peningkatan kualitas dan mutu pelayanan dasar. Meminimalisir terjadinya ketimpangan akses layanan dasar pada kelompok masyarakat dan antar wilayah, meningkatkan koordinasi lintas sektor dalam penyediaan layanan dasar berkualitas, meningkatkan kualitas SDM untuk penyediaan pelayanan dasar, mendorong partisipasi masyarakat, dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi tata kelola penyelenggaraan pelayanan dasar.

Sementara hasil Rekomendasi Rakerda yang disampaikan Ketua Tim Perumus yang dibacakan Dr. Sofyan Saraha  mengatakan Rapat kerja daerah (rakerda) Kota Tidore Kepulauan Tahun 2019 dengan tema Menuju Sail Tidore 2021 berjalan secara dinamis dengan mengetengahkan berbagai pandangan dan perspektif yang kritis dan rasional dari peserta rakerda yang berasal dari seluruh pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kota Tidore Kepulauan serta saran masukan dan tanggapan yang berkembang dalam Rakerda maka disampaikan 17 rekomendasi hasil rumusan dan 6 agenda persiapan menuju Sail Tidore 2021 dari Rapat Kerja Daerah yang sudah dibuat dan diserahkan kepada Kepada Bapak Walikota Tidore, agar rekomendasi yang dihasilkan dapat diperhatikan dan ditindak lanjuti agar menjadi bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan Pemerintah Daerah pada Tahun Anggaran 2020.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tidore Kepulauan, Assisten Sekda, Staf Ahli, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Camat, Lurah/Kepala Desa se Kota Tidore Kepulauan.

 

Bagikan :