21 / 10 / 2019 23:46:39

Sekda Membuka Safari Gerakkan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca

Posting : 21 / 10 / 2019 23:46:39 - Oleh : Admin

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleman, Senin (21/10) pagi membuka dengan resmi kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca Kota Tidore Kepulauan Tahun 2019 bertempat di Aula SMA N 1 Tidore Kota Tidore Kepulauan.

Asrul Sani dalam sambutannya kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca Kota Tidore Kepulauan ini untuk meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca serta mendorong masyarakat memanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. oleh karena itu, budaya gemar membaca merupakan salah satu unsur penting dalam lingkungan pendidikan, bersifat formal, maupun informal yang harus ditetap dijaga dan ditingkatkan.

Asrul juga menambahkan kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan kecintaan  anak terhadap budaya lokal dan ditingkatkan rasa kebangsaan sehingga menjadi generasi muda yang memiliki rasa kebanggaan atas nilai-nilai kepahlawanan, bangsa yang memiliki identitas jati diri melalui cerita budaya lokal, sejarah dan kepahlawanan.

Sementara sambutan Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili Pustakawan Ahli Utam Perpustakaan Nasional RI, Muchtar Dole mengatakan  kehadiran perpustaan harus merubah paradigma baru menjadikan perpustakaan sebagai raung untuk berbagi pengalaman, ruang untuk belajar kontekstual dan ruang untuk berlatih keterampilan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah/swasta.

“Peran perpustakaan adalah untuk menghubungkan antara sumber pengetahuan dengan pengguna pengetahuan. Perpustakaan sebagai rumah, sumber pengetahuan dan pustakawan sebagai katalisator dalam usaha mempercepat proses deminasasi pengetahuan tersebut”tuturnya.

Peserta dari kegiatan ini siswa SMA/SMK/MA se Kota Tidore, Para Budayawan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta Tokoh Masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cendramata dari Perpustakaan Nasional RI kepada Kota Tidore Kepulauan dan sebaliknya Kota Tidore Kepulauan kepada Perpustakaan Nasional RI..

Bagikan :