26 / 09 / 2019 04:31:14

Walikota menjadi Narasumber pada narasumber pada Dialog Publik Penguatan Konektifitas Moda Transportasi

Posting : 26 / 09 / 2019 04:31:14 - Oleh : Admin

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan Dialog Publik Penguatan Konektifitas Moda Transportasi di Maluku Utara  bertempat Hotel Ayu Lestari Ternate, Rabu Malam (25/9).

Dialog ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Maritim Nasional yang pada siang hari sebelumnya dilakukan Pelantikan Pengurus Masyarakat Transportasi Indoensia (MTI) Wilayah Maluku Utara.

Dalam Dialog Publik tersebut Capt. H. Ali Ibrahim yang memiliki pengalaman sebagai syahbandar  dari tahun 1998 sampai 2015,  membawakan materi tentang Penguatan Infrastuktur Pada Moda Transportasi Laut. Ali mengatakan bahwa Kawasan Timur Indonesia saat ini menjadi perhatiankhusus Pemerintah.yang bertujuan untuk menggairahkan tumbuhnya perdagangan dan iklim investasi yang berdampak pada ekonomi masyarakat dengan membuka konektivitas antar kabupaten/Kota serta dapat membuka daerah-daerah yang selama ini terisolir.

Ali Ibrahim juga mengatakan bahwa hal-hal yang harus dilakukan adalah adanya dukungan dari pemerintah daerah dimana kebijakan pemerintah daerah dalam menyiapkan sarana dan prasaran, regulasi,  seta pengupayaan konektivitas arus barang dan jasa melalui kebijakan transportasi darat dan laut. dan bila memungkinkan membangun sekolah kelautan sekelas politekhnik atau D3 dibidang kelautan. hal ini bila dilakukan akan mendorong investasi masuk dalam daerah yang akan mendukung perekonomian daerah.

Tak lupa sebelum menutup materinya, Ali Ibrahim yanag pernah menjadi Syahbandar Batam pada tahun 2010 sampai 2012 ini juga memaparkan keberhasilan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dibidang Transportasi Laut diantaranya yakni berhasil menegosiasikan rute pelayaran kapal pelni KM. Tatamailau dan KM. Sinabung melalui Pelabuhan Trikora sejak tahun 2017 dan masuknya Tol laut dari Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) ke Pelabuhan Trikora (Tidore).

Ikut hadir sebagai narasumber Setda Kota Ternate, M. Tauhid Soleiman, Ketua Umum MTI  Prof. Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, Sekjen MTI Pusat Harya S. Dilon P.Hd dan Dosen Ekonomi Unkhair Ternate Jufri Jakob.

Bagikan :